8/12/2024

Seberapa dalam kamu menghayati dan mengerti tentang dirimu sendiri? Seberapa bisa kamu memahami tujuan kehadiranmu di dunia ini? Beberapa orang menjalani hidup sekadar untuk bertahan dari ke hari. Menyelesaikan "misi-misi" kehidupan yang melintang. Setelahnya, usai semua rintangan dihadapi apakah manusia akhirnya bernapas lega? Dulu kukira begitu. Nyatanya manusia memang tidak menyukai "masalah", tapi tidak pula bisa diam saja dalam hidup yang tenang dalam jangka yang lama.

Manusia itu dinamis. Saat berhasil menyelesaikan langkah berat sebelumnya dan berada di titik aman, manusia cenderung ingin mencapai hal lain lagi, artinya ingin menyelami masalah lain kembali. Maka benarlah Teori Maslow dalam Hierarki Kebutuhannya.

sumber gambar

Usai bersusah payah memenuhi satu kebutuhan, manusia akan mencari atau berusaha memenuhi kebutuhan lain lagi. Lantas, jika manusia mencapai kebutuhan pada titik tertingginya "aktualisasi diri", lalu apa lagi? Masih menjadi misteri, karena tidak semua orang dapat mencapai value ini.

Maslow percaya bahwa dalam hierarki, artinya setiap kebutuhan ini harus terpenuhi bertingkat, mulai dari kebutuhan dasar. Jika manusia berusaha memenuhi kebutuhan yang sebenarnya belum berada pada "level" seharusnya dan mengabaikan hierarki di bawahnya, maka akan terjadi ketidakseimbangan.

Namun, menariknya tentang tingkat aktualisasi diri, sejauh mana aktualisasi dapat dikategorikan dalam aktualisasi. Apakah aktualisasi tidak bisa manusia lakukan di tiap hierarki kebutuhannya? Sewaktu memenuhi kebutuhan fisik, memenuhi rasa laparnya dengan makanan, tidak bisakah dia beraktualisasi dalam makanan yang ia makan? Apakah batasan pada kebutuhan terendah, yaitu kebutuhan fisik hanya sekadar kebutuhan menghilangkan rasa lapar? Atau bisa sambil diaktualisasikan? 

Manusia dan eksistensinya di muka Bumi, pada akhirnya hanya untuk menjawab pertanyaan, apa yang harus dituju manusia? Apakah jika penghayatan manusia yang berbeda-beda tentang dirinya sendiri dirampas, maka ia akan kehilangan seluruh dirinya? Maka, apa definisi dirimu di muka Bumi ini? Seperti apakah kamu ingin mendefinisikan diri? Apa penghayatanmu tentang dirimu? 








LLaviosa . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates