8/22/2014



Tepat di hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke-69 kemarin, aku dan Rahma melanglang jam 7 pagi untuk shopping! Denger kata shopphing kayanya worth it banget, padahal jeng, jeng …, shopping-nya di Pasar Tradisional Patra. Jadi hari itu aku lagi kepengen banget bikin mie ayam, hitung-hitung praktek kerja nyata resep yang dikasih mama. 

Bumbu-bumbu buat mie ayam aku beli dengan harga yang sangat murah meriah, aku beli bawang merah, bawang putih, kemiri dan ketumbar udah ada di kulkas jadi nggak perlu beli lagi, gula merah juga udah punya, kunyit dan jahe nggak kelupaan dibeli juga, oh, ya caisimnya juga. Dan yang paling utama aku beli dada ayam yang gendut sekitar 1 kg. Jadi bumbu yang udah aku sebutin barusan diulek sampe alus, kecuali jahe, hanya diiris. 

Kalo kalian pengen coba bikin porsi bumbunya dikira-kira aja, diraba-raba pake intuisi, ya perbandingan bawang, kemiri, ketumbar, gula merah sama aja kaya mau masak ayam kecap. Ayam yang aku pake cuma setengah dari yang dibeli. Rebus deh ayam dan semua bumbu halus, tambahin kecap, garam, micin dikit, tunggu sampe mateng atau sampe daging ayamnya lembut banget. Setelah mateng, yang barusan dimasak itu bumbu utama mie ayamnya. Nah, sekarang giliran mie-nya, jadi aku udah stok Mie Atom Bulan yang udah Go Holland, rebus mienya beserta caisim, tuang di mangkuk, tambahin 3-4 sendok bumbu mie yang udah dimasak tadi, dan siram air panas, jangan lupa irisan daun bawang, jadi, deh! 

Semangkuk mie ayam sedap, sehat, dan lezat pun tersaji! Bumbu mie ayam yang masih banyak bisa disimpan di kulkas dan siap dipake kapan pun buat bikin mie ayam lagi, daripada bikin mie instan pabrikan mending mie instan ginian, ya, kan?! I Love Cooking <3

LLaviosa Gita . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates