10/01/2013

“Kalo kukunya dicabut, takut, ya?” begitulah kata seorang dokter cewek berwajah oriental di malam Senin tanggal 29 September 2013. Huaaa, bener-bener rasanya aku kayak disamber petir malem itu di klinik daerah Asem, Duri Kepa. Asal- muasalnya ini gara-gara meriksain ujung jempol tangan kanan aku yang luka. Awalnya aku ngga mau ke dokter, tapi mama ngotot nyuruh aku ke dokter. Aku pikir ini agak lebay, luka segede upil doang harus berobat ke dokter, bayangin!! Tapi jadi ngga lebay kalo kalian tahu asal mula gimana kuku ini bisa luka.

Yah, beginilah ceritanya …

Berhubung kuliah siang, aku iseng deh pengen masak. Nah, aku mau ngupas bawang putih dan males ngambil pisau di dapur kost jadinya aku kupas deh tuh bawang pake kuku aja. Terus kayaknya itu bawang nyangkut sedikit di dalem kuku dan rasanya perih gitu. Alhasil di ujung kuku ada luka segede upil kali, kecil banget. Besok lusanya ujung jempol tangan kanan makin nyeri, puncaknya malem-malem aku bangun dan ngerasa jempol aku kayak mau meledak aja.

Bayangin, jempolnya bengkak, merah, gatel, perih, dan campur rasa gatel gitu, ngga tahan deh. Aku yang udah gelap mata langsung nyari akal gimana caranya ini jempol biar mendingan. Di depan mata ada jarum pentol dan aku pake buat nusuk luka yang letaknya sedikit di bawah kuku dan …, keluarlah nanah. Abis nanahnya keluar rasanya legaaa banget, tapi di sinilah awal petakanya! Ya, ya, ya, jarum yang aku pake itu karatan. Besoknya aku jadi sering nusukin luka itu lagi, tapi ngga pake jarum, pake kertas yang ujungnya udah aku bentuk tajem gitu. Besokannya lagi makin nyut-nyutan itu luka, lukanya nyebar malah, keliatan bagian yang bernanah meluas, tapi tetep kecil kok ya masih seupil gitulah. 

Temen-temen udah pada nyaranin itu luka dikasih Betadine kek atau apa gitu, tapi ngga aku dnegerin. Konyolnya karena itu bernanah bisa-bisanya aku samain tuh luka sama jerawat, jadi lukanya aku olesin pake salep jerawat, he, he, he …. Aku yang takut itu luka infeksi tetanus akhirnya memutuskan pergi ke dokter dan ditemenin Rahma yang beda kost-an.


Yah, sesampainya di klinik itu dokternya megang-megangin jempol, shock banget pas dokternya nanya berani ngga kalo kukunya dicabut. “Ini jadinya cantengan,” gitu deh kata dokternya. Astaga aku ngga ngira hanya karena luka sekecil upil ditambah hal-hal kurang kerjaan yang aku lakuin jadi bisa segitunya. Tapi syukurlah karena lukanya belom gede-gede amat aku langsung dikasih obat-obatan gitu deh. Kata dokternya setelah antibiotiknya abis dan lukanya belum sembuh aku disuruh dateng lagi buat nyabut itu kuku. Lega ‘kan masih ada kemungkinan ngga dicabut. Hahaha …, dan Alhamdulillah lukanya kering kok, ngga jadi dicabut ^^. 

Ini pengalaman berharga banget buat aku, ternyata berawal kemalasan ngambil pisau buat ngupas bawang aja bisa jadi kayak gini, yah, teguran dari Yang Di Atas ini mah ….

LLaviosa Gita . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates