5/26/2013

Oleh: Violla

Bicara tentang emosi, kita pasti pernah ngerasain yang namanya emosi senang, sedih, marah, dsb.  Saat emosi lagi tinggi-tingginya energi dalam tubuh kita akan lebih besar dibandingkan biasanya. Ada orang kalau lagi marah atau kesal akan marah-marah secara blak-blakan, ada yang nendang pintu, ada yang teriak, dan masih banyak lagi. Kenapa, sih, bisa seperti itu? Balik lagi, bukankah saat emosi sedang meninggi energi di dalam tubuh menjadi besar?  Karena itulah seseorang membutuhkan katarsis.


Bagi yang bergelut dalam bidang psikologi tentu kenal betul apa yang dinamakan katarsis. Apa, sih, katarsis itu? Menurut dosen-Psikologi Perkembangan I-saya, katarsis adalah penyaluran emosi. Energi besar hasil dari meningginya emosi ini harus disalurkan kalau enggak bisa mengganggu kondisi jiwa. Salahnya, banyak orang yang katarsisnya dalam bentuk negatif, misalnya saling mencaci, tonjok-tonjokkan, banting pintu, ngelemparin barang. Padahal katarsis itu bisa dalam hal yang positif, lho, contohnya ya seperti saya ini, menulis.


Andai kata saya memiliki rasa kesal dan marah sama seseorang daripada saya harus menendang pintu, mencaci-maki agar emosi itu tersalurkan lebih baik saya menuangkan kata-kata dalam sebuah karya. Kadang kalau cucian lagi numpuk bisa juga saya mencuci pakaian habis-habisan dalam rangka katarsis :D


Nah, kalau ada yang hobi nyanyi bisa meluapkan emosinya dengan bernyanyi. Yang hobi ngegambar bisa menuangkan emosi dalam bentuk gambar. Yang hobi main drama maksimalkan ekspresi emosimu dalam drama. Yang hobi menari bisa menari sepuasnya dengan tenaga yang lebih besar dari biasanya. Pengalihan katarsis yang hobi jontok-jontokkan bisa bantuin mamanya ngulekin bumbu di dapur, deh, yang penting ‘kan energinya tersalurkan.


Jangan sampai dikadalin sama emosi ya, Sobat, harusnya emosi yang dikadalin sama kamu. Kamu harus memanfaatkan energi besar dari emosi untuk hal-hal positif dan berguna. Sudah tahu ‘kan tentang katarsis? Ternyata katarsis bisa menguntungkan juga, ya. So, tunjukkan katarsis-katarsis positifmu :D

LLaviosa Gita . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates